Rabu, 14 Juli 2010

Dunia Musik di Tahun - Tahun Lalu

Nada, sesuatu yang terpenting dalam dunia musik. Nada, adalah alunan suara dengan berbagai macam jenis yang bisa menyerupai suara alunan musik yang indah. Cukup mudah untuk menciptakan alunan musik dengan menyusun berbagai nada yang diinginkan. Ada berbagai alat musik untuk menciptakan barisan nada, misalnya gitar, piano, dan sebagainya. tengoklah para musisi - musisi di Indonesia kita, banyak yang telah membuat lagu dengan diiringi oleh nada - nada membuat lagu tersebut tampak indah atau mungkin enak didengar.



Menetapkan barisan - barisan nada tidak bisa begitu saja. Ada yang disebut dengan aliran musik, yaitu suatu pilihan bidang musik terkecil yang ada atau bahkan mengalir di dalam tubuh kita. Setiap orang pasti memiliki keahlian, kemampuan, atau mungkin bakat dalam suatu bidang musik, entah itu memainkannya, menyanyikannya, atau mungkin hanya sekedar mendengarkannya. Banyak yang bilang bahwa bakat musik hanya dimiliki oleh seorang yang pendahulunya bisa memainkan musik, tapi itu semua sama sekali bohong. Seseorang yang tidak memiliki bakat musik "sama sekali" bisa memilikinya dengan mudah, tergantung niat orang tersebut. Sekitar 80% seluruh penduduk pulau Jawa bisa memainkan alat musik, dan tahun lalu (2007) telah terhitung 4 dari 12 orang (dari 20% tadi) bisa memainkan alat musik, 2 diantaranya "tanpa berguru". Bayangkan betapa besar niat orang - orang tersebut.



Alunan nada yang terlontarkan yang membentuk musikalitas seakan - akan membuat orang - orang ingin menikmatinya dan atau ingin "membuatnya" sendiri, itulah Dunia Musik Indonesia. (Jeri Dwi Irwansyah) (Untuk Indonesia) :)

Tidak ada komentar: